Mata Pelajaran : Sejarah Kelas/Semester : X/1 Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah Kompetensi Dasar : 1.2. Menjelaskan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara Indikator : Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia Alokasi Waktu : 1x45 menit Tujuan Pembelajaran Peserta didik mampu untuk: Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam mitologi Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam legenda Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam nyanyian rakyat Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam upacara Materi Pembelajaran Folklore Mitologi Legenda Nyanyian rakyat Upacara Metode Pembelajaran Ceramah, diskusi Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama Kegiatan Pendahuluan Apersepsi guru menanyakan pada peserta didik mengenai mitologi Nyai Roro Kidul. Menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti Guru menjelaskan materi dengan transparansi peta konsep mengenai folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia (hal 36 - 47). Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang siswa untuk mendiskusikan mengenai mite, legenda, nyanyian rakyat, dan upacara yang ada di daerah asalnya dan fakta sejarah apa yang terkandung di dalamnya (Aktivitas hal 47). Kegiatan Penutup Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. Menarik kesimpulan materi. Sumber Belajar Kurikulum KTSP dan perangkatnya Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - Buku sumber Sejarah SMA – (hal 36 - 47) Peta konsep OHP Buku-buku penunjang yang relevan Internet Penilaian Unjuk kerja dalam bentuk diskusimengenai mite, legenda, nyanyian rakyat, dan upacara yang ada di daerah asal peserta didik dan fakta
http://www.sman2-pontianak.sch.id/filesharing/index.php?action=downloadfile&filename=3.%20RPP%20SEJARAH.doc&directory=public_downloads/Menghadapi%20ujian%20nasional/Sejarah&PHPSESSID=195d2f17897fe2f51f541d6cdf23bdd6
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar